Sabtu, 13 September 2014

Cara Alami Obati Sariawan

Cara alami obati sariawan memang merepotkan, namun lebih aman untuk kesehatan karena menggunakan bahan alami yang tidak akan mempengaruhi kesehatan. Sariawan terjadi karena adanya pembekakan atau peradangan yang terjadi di sekitar mulut. Meskipun bukan penyakit yang berbahaya namun sariawan sangat menyiksa karena rasanya perih saat  mengunyah makanan maupun saat minum, bahkan penderita sariawan menjadi malas berbicara karena akan terasa sakit bila mulut bergerak.

Cara alami obati sariawan
  • Daun jambu biji ditumbuk lalu tempelkan pada mulut yang terkena sariawan, tunggu hingga 5 menit lalu kumur dengan air bersih. Daun jambu biji dapat menjadi obat sariawan secara alami. 
  • Tumbuk bawang putih hingga halus lalu oleskan pada sariawan, tahan hingga rasa perih berkurang. Meskipun akan terasa sangat perih, harus ditahan dan sariawan cepat sembuh.
  • Bubuk kunyit dicampur dengan sedikit air dan madu, lalu oleskan pada sariawan, tunggu  hingga bubuk kunyit mengering dan rasa perih berkurang dan kumur dengan air hangat.
  • Campurkan baking soda dengan garam dan sedikit air, lalu oleskan pada sariawan dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Kumur dengan air dingin.
  • Tumbuk beberapa lembar daun kemangi segar lalu oleskan pada sariawan dan diamkan selama 10 menit, kumur dengan air hangat. Daun kemangi sangat efektif untuk meredakan rasa nyeri serta perih pada sariawan dan mempercepat penyembuhan bibir sariawan.
  • Minum yogurt, yogurt dapat mengontrol keseimbangan bakteri yang ada dalam mulut serta tubuh, sehingga dapat mempercepat menyembuhkan sariawan serta mencegah terjadinya luka pada mulut.
  • Mengkonsumsi makanan yang tingggi zat besi, yang mampu meminimalisir terjadinya sariawan serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. makanan yang tinggi zat besi seperti brokoli, kangkung, sereal, telur, gandum, biji wijen dan lain sebagainya.
  • Makan buah tomat yang masih mentah dapat mempercepat penyembuhan sariawan, karena tomat banyak mengandung vitamin C yang sangat ampuh menyembuhkan sariawan.
Itulah beberapa cara alami obati sariawan yang mudah serta aman dilakukan setiap hari. Meskipun tidak dapat langsung sembuh seperti obat toko, namun bahan alami lebih berkhasiat, tidak memiliki efek samping dan tidak akan ketergantungan. Bila sariawan tidak kunjung sembuh, segera periksa ke dokter.  Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar